01_Tri_Afirianto_pemateri_workshop_latex
15:10

Dosen FILKOM UB Jadi Pemateri Pelatihan Penulisan Publikasi Ilmiah Bagi Dosen Polinema

Tri Afirianto, S.T., M.T. dan Kurnia Prima Putra, S.Kom., M.T. dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menjadi pemateri dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang (Polinema). Kegiatan tersebut bartajuk “Workshop Penulisan Karya Ilmiah Menggunakan Latex”. Workshop ini berlangsung selama dua hari (20 – 21/8/2019) dengan peserta belasan dosen Jurusan Teknik Kimia Polinema.

Sebagai pengantar, Tri Afirianto menjelaskan bahwa penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan ke sebuah jurnal biasanya harus memenuhi template tertentu dengan jenis file yang berbeda-beda. Jenis dokumen yang diminta biasanya berupa Microsoft Word Office, PDF dan LaTeX. Karenanya seringkali penulis tidak hanya dipusingkan dengan konten artikel ilmiahnya saja, namun juga ketentuan format yang diharuskan.

“Penulis yang seharusnya fokus pada konten artikel ilmiahnya, jadi harus terbagi fokusnya pada pemenuhan ketentuan format. Sebagai salah salah satu solusi atas permasalahan ini penulis bisa menggunakan LaTeX,” ungkap Tri Afirianto.

02_Tri_Afirianto_pemateri_workshop_latexLaTeX adalah document preparation system yang dapat memudahkan penulis dalam menulis artikel ilmiahnya. Dengan sistem ini format template telah dibuatkan oleh pengelola jurnal, sehingga penulis bisa lebih fokus ke konten publikasinya.

“Dalam pelatihan ini, peserta diajari tata cara penulisan artikel ilmiah dalam LaTeX, cara menulis persamaan, table dan gambar, hingga sitasi dan daftar referensi menggunakan Mendeley,” jelas Tri Afirianto. [dna]

 

 

Share